Thursday, March 13, 2014

Mobil Bertenaga Air


Produksi massal masih cukup lama


Perusahaan Jepang Gene-pax baru-baru ini memperkenalkan sistem baru yaitu penggunaan energi air yang pertama dan mendemonstrasikan kemampuannya untuk menggerakkan mobil elektrik.

Hal ini telah mengundang banyak keraguan, tetapi Gene-pax mengatakan bahwa mereka sedang mengumpulkan data pihak ketiga untuk mendukung teknologinya dan merencanakan presentasi yang terperinci kepada media.

Ketika melakukan uji coba di Osaka, Jepang, air dituangkan ke dalam suatu kontainer besar di dalam bagasi mobil elektrik kecil itu, dan setelah itu mobil dapat dengan otomatis beroperasi. Sebagian orang berpikir bahwa uji coba ini adalah cara untuk menarik investor, mengutip klaim-klaim yang serupa di masa lalu dan kemudian ternyata tak mungkin dikerjakan. 

Berita tentang uji coba mobil berbahan bakar air itu telah menarik perhatian banyak media di Jepang, tetapi Genepax tidak memberitahukan inovasinya secara terperinci.

“Kami memahami kritik-kritik ini karena kami tidak bisa menginformasikan inti bagian dari penemuan ini,” kata Jun Onishi, PR Manager perusahaan itu.

Menurut Onishi, Genepax bukanlah pabrik mobil tetapi merupakan penemu sebuah sistem yang dapat ‘menghasilkan panas dan elektrik dari air murni.’ Uji coba menunjukkan bahwa air dapat digunakan untuk memotori mobil elektrik. Sistem itu digunakan untuk mengisi baterai mobil elektrik yang dimanufaktur oleh Takeoka Mini Car Products Co., Ltd.

Sistem Genepax ini menggunakan suatu metode bernama membrane electrode assembly (MEA) atau metode perakitan elektrode membran, di mana hidrogen digunakan untuk menghasilkan arus elektrik seperti pada sel bahan-bakar hidrogen. Sementara sel bahan bakar hidrogen memerlukan gas untuk diisi dan disimpan di dalam tangki tekanan tinggi, dan hidrogen yang digunakan pada sistem ini secara langsung berasal dari air.

Sistem Genepax mengekstraksi hidrogen dari air secara lebih efektif dibanding metode lain dimana pun. Selama air ditambahkan kepada sistem, hidrogen akan secara terus-menerus diekstraksi.

“Teknologi kami tidak memerlukan energi dari luar untuk memecah hidrogen dan oksigen dari (air),” kata Onishi. Onishi mengatakan bahwa pihak ketiga yang diberi hak akan memberikan data untuk mendukung klaim perusahaan itu. 

Genepax telah mendemokan suatu sistem dengan output sebesar 120 watt dan yang lainnya dengan output sebesar 300 watt. Biaya produksi untuk satu sistem berkisar hingga $18,500. Dengan produksi masal, biaya tersebut dapat ditekan hingga $5,000, menurut Genepax.

“Sudah ada beberapa perusahaan yang percaya pada kami dan sedang merencanakan produksi secara massal”, kata Onishi.

Menurut laporan Nikkei Techon, sebuah jaringan media berita teknis di Jepang, mereka sedang berencana untuk merancang sebuah sistem 1 kilowat yang dapat digunakan untuk mengisi baterai sekunder pada sebuah kendaraan elektrik. (erabaru)

Saya setuju dengan adanya mobil berjenis ini, karena dengan adanya mobil berjenis ini membuat pemakaian pada minyak bumi berkurang sehingga kelangkaan pada minyak bumi dapat sedikit teratasi. Selain itu pengisiannnya tidaklah sulit. Orang-orang yang memiliki mobil ini dapat mengisi mobilnya di mana pun dan kapan pun asalkan orang itu membawa persediaan air guna mengisi bahan bakar mobilnya. Dan saya berharap mobil ini dapat segera diproduksi dengan massal dengan teknologi yang canggih untuk digunakan. Selain itu saya berharap juga agar mobil ini dapat dipakai oleh semua orang untuk mengurangi pemakaian minyak bumi yang terus-menerus. Dan juga saya berharap bahwa harga mobil yang telah diproduksi tidaklah terlalu mahal sehingga semua kalangan dari yang kaya hingga miskin dapat merasakannya. Selain itu gas buang pada mobil ini tidak ada sehingga membuat lingkungan menjadi lebih sehat karena bebas dari polusi udara

Nama : Epafras Jeremiah
Nama Dosen : Adityo Pratomo
Kampus : Surya University
Sumber : http://indonesiaindonesia.com/f/36400-uji-coba-mobil-bahan-bakar-air/

No comments:

Post a Comment