Wednesday, January 8, 2014

Surelator

Ilmuwan Indonesia membuat mesin terjemahan yang canggih. 

Dr. Teddy Mantoro baru saja merelease SURELATOR, suatu software mesin penerjemah yang mampu menerjemahkan teks dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya. Hasil karya putra bangsa ini mempunyai 2,5 juta corpus dan mampu belajar memperbaiki kualitas terjemahan. Menurut beberapa uji coba kemampuan terjemahan mesin ini lebih baik dari terjemahan google dan lebih baik dari mesin penerjemah yang ada. 

Sebelum menjadi peneliti di Center for Ubiquitous Technology (UBITECH) Surya Univ , Dr. Teddy Mantoro adalah peneliti terkenal di Malaysia. Ia banyak dapat medali emas untuk penelitiannya. Salah satu penelitiannya yang terkenal adalah Haj Locator yaitu software untuk menentukan posisi atau lokasi orang yang sedang naik haji. Kadang dalam suasana berdesakan bisa saja orang pingsan terinjak, nah Haj Locator ini akan memberitahu pihak keamanan posisi orang pingsan tsb, sehingga bisa diselamatkan pakai helikopter. Keluarga yang di luar negeri dapat memantau saudaranya/orangtuanya yang sedang naik haji. Software ini akan dibeli patennya oleh Arab Saudi. 

Dr. Teddy Mantoro sedang mengembangkan surelator untuk menterjemahkan buku-buku sains agar orang Indonesia pandai, bukankah orang jadi pandai karena membaca… ? Surelator juga sedang dikembangkan menjadi mesin penerjemah speech to speech (dari suara ke suara). Tujuannya agar percakapan kita secara otomatis diterjemahkan kedalam percakapan bahasa Inggris ataupun bahasa bahasa daerah lainnya. Kuliah-kuliah bahasa Inggris nantinya dapat didengarkan dalam bahasa Indonesia.

Sumber : https://www.facebook.com/YS.OFFICIAL/posts/502753023107549

Surelator ini berguna untuk membantu orang-orang yang kurang fasih atau tidak bisa dalam berbahasa inggris. Selain itu surelator tidak hanya untuk mentranslate dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris saja, tetapi diharapkan juga agar surelator ini bisa membantu agar orang-orang bisa mengerti bahasa dari negara lain ataupun dari daerah lain.

Nama : Epafras Jeremiah
Nama Dosen : Aditya Pratomo
Kampus : Surya University

18 comments:

  1. sip sip... semoga bisa cepet jadi ya...

    ReplyDelete
  2. keren, kalo terealisasikan pasti sangat membantu dunia internasional :D

    ReplyDelete
  3. bagus sekali :) tambah penetahuan baru :)

    ReplyDelete
  4. infonya sangat berguna sekali gan!

    ReplyDelete
  5. bagus infonya,, minta sarannya juga donk yah http://nurhasanah9292.blogdetik.com/

    ReplyDelete
  6. good post, like this..
    kunjungin blog ane juga ya di http://eskomda.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. yap,, mudah-mudahan bisa diandalkan surelatornya, tidak seperti terjemahan mbah/om google sih...

    ReplyDelete
  8. wah ini nih baru postingan ,, bosen ane denger berita di TV,, hidup Indonesia Jaya..
    keep posting ^^

    ReplyDelete
  9. mantep nih bro. mampir juga ya egadewaa.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. sipb bro ...
    btw feedbacknya ya ..
    http://jazulinhs.blogdetik.com/2014/01/10/hukum_moore_penyebab_kamatian/

    ReplyDelete
  11. sudah seharusnya karya2 bangsa indonesia go internasional :)

    ReplyDelete
  12. Wah.. aku baru denger tentang hal ini.. sangat membantu.. jika benar software ini akan dikembangkan untuk speech to speech maka nanti kita tidak perlu khawatir lagi jika ingin pergi ke luar negeri yang basisnya bahasa inggris.

    ReplyDelete